Rabu, 01 Juni 2016

SPESIFIKASI XIAOMI REDMI NOTE 3


Setelah beberapa bulan terakhir ramai diberitakan, akhirnya secara resmi Xiaomi telah memperkenalkan dua flagship smartphone terbarunya untuk publik. Adapun smartphone terbaru itu salah satunya adalah Xiaomi Redmi Note 3, di mana secara segmentasi akan didaulat sebagai penerus Xiaomi Redmi Note 2 yang cukup sukses di pasaran. Untuk smartphone terbarunya ini, vendor asal Tiongkok tersebut melakukan perombakan cukup mendetail pada setiap lininya, apalagi mengemban misi sebagai penerus kesuksesan Xiaomi Redmi Note 2 pastinya Xiaomi akan berusaha memepertahankan tampuk kejayaannya. Kedatangan Xiaomi Redmi Note 3 sendiri dibarengi dengan perangkat pintar Xiaomi lainnya, yaitu Xiaomi Mi Pad 2 yang juga merupakan generasi anyar Xiaomi Mi Pad, di mana kedua produk ini diperkenalkan dalam event Grant Finale yang dihelat di ‘rumah’ Xiaomi di Tiongkok. Nah, meskipun secara resmi baru akan dilaunching pada tanggal 27 November mendatang, ternyata jika melihat spesifikasi teknis dari Xiaomi Redmi Note 3, sepertinya smartphone terbaru asal Negeri Tirai Bambu ini sudah mulai menebar ancaman untuk pasar ponsel pintar kelas entry level atau pemula. Smartphone Xiaomi dari keluarga Redmi ini akan meneruskan kejayaan seri Mi yang sudah melenggang mulus di pasaran. Sebagai versi pembaruan, tentu saja kualitas Xiaomi Redmi Note 3 ini mengalami peningkatan dari versi lamanya.



Untuk detail spesifikasinya, di beberapa sektor Xiaomi Redmi Note 3 memang masih mempertahankan basis spesifikasi yang sama dengan pendahulunya. Namun tentunya ada hal baru, salah satunya adalah penggunaan materaial body metal sebagai rangka fisiknya. Hal ini pastinya akan membuat seri Redmi Note 3 ini memiliki kekuatan fisik yang cukup tangguh. Lalu beralih pada bagian layarnya, Xiaomi Redmi Note 3 dijejali dengan layar berjenis IPS LCD yang memiliki bentang layar mencapai 5,5 inci. Soal resolusinya juga terbilang bagus dengan resolusi mencapai 1080 x 1920 pixels. Pada bagian ruang mesinnya, smartphone Xiaomi seri Redmi Note 3 ini mengandalkan komponen berkualitas lewat chipset Helio X10 yang dipadukan dengan prosesor Octa-core yang siap menghadirkan performa responsif. Sedangkan untuk RAM sebagai pelengkap komponen, Xiaomi Redmi Note 3 tersedia dalam dua variasi kapasitas RAM, yakni 2 GB dan 3 GB yang keduanya sama-sama menjamin kemampuan olah data lebih maksimal. Untuk lini fotografinya sendiri, Redmi Note 3 mengandalkan duet kamera 13 MP dan 5 MP yang lengkap dengan fitur fotografi modern. Terakhir untuk suplai dayanya, Xiaomi Redmi Note 3 sudah dibekali dengan baterai super berkapasitas 4.000 mAh. Melihat gambaran singkat spesifikasi pada Redmi Note 3 ini cukup menarik bukan? Nah agar sobat Caramrz mendapat gambaran lebih jelas mengenai produk baru Xiaomi ini, simak ulasan lengkap kami mengenai spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi Note 3 pada segmen-segmen berikut ini.

Review Xiaomi Redmi Note 3
Smartphone Entry Level dengan Spesifikasi Fisik Berbalut Body Metal
Pada pembahasan pertama ini Caramrz akan mengulas bagian terluarnya dahulu, di mana spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 pada bagian eksterior memang masih mempertahankan garis desain generasi lawasnya. Smartphone Xiaomi seri Redmi Note 3 ini memang memiliki basis desain yang serupa dengan versi lamanya. Hal ini tampak dari depan, di mana Xiaomi Redmi Note 3 memiliki desain persegi panjang dengan jarak bezel yang cukup lebar. Smartphone ini juga sedikit tampil klasik dengan tombol navigasi utama diletakkan secara terpisah pada bagian bawah layar. Sementara untuk tampilan secara keseluruhan, smartphone ini sangat kentara aura perangkat pintar premium karena memiliki komposisi bahan metal pada casingnya. Di sektor dimensi fisiknya, Xiaomi Redmi Note 3 memiliki ukuran tubuh 150 x 76 x 8.7 mm dan bobotnya cukup pas, berkisar 164 gram sehingga dengan ukurannya ini meskipun tidak slim namun masih enak digenggam. Untuk sektor visual, smartphone terbaru dari Xiaomi ini dibekali dengan layar jenis IPS kapasitif 16 juta warna berukuran 5,5 inci. Resolusi layar Xiaomi Redmi Note 3 ini terbilang cukup apik dalam menampilkan citra visual dengan resolusi mencapai 1080 x 1920 piksel dan tingkat kerapatan layar mencapai 403 piksel per inci. Display visual smartphone Xiaomi Redmi Note 3 ini pun semakin menarik karena Xiaomi telah menggunakan fitur tampilan antar muka MIUI 7.0. Kehadiran fitur user interface tersebut akan memberikan display visual yang lebih atraktif. Kemudian, perangkat pintrar Xiaomi Redmi Note 3 ini juga telah mendukung fitur fingerprint sensor yang ditempatkan di bawah kamera belakang, yang mana untuk fitur ini terjadi peningkatan di mana sobat Caramrz bisa membuka kunci smartphone dalam 0,3 detik saja. Selain untuk pemindaian sidik jari, fitur tersebut juga bisa digunakan untuk pembayaran online. Namun sayangnya, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 pada bagian layarnya belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar berkualitas tinggi. So, kawan Caramrz harus menambahkan screen guard secara manual.
Dapur Pacu Gahar Berkekuatan Chipset Helio X10 dan Dua Pilihan Kapasitas RAM
Puas dengan tampilannya yang mewah dan berkelas, kini Caramrz akan membahas spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 pada bagian dapur pacunya. Smartphone Xiaomi seri Redmi sendiri memang sebelumnya telah dikenal sebagai perangkat pintar yang memiliki performa cukup baik. Begitu pun dengan generasi ketiga ini. Membedah bagian dapur pacu, smartphone terbaru dari Xiaomi ini memang dibekali dengan komponen-komponen yang sangat berkualitas. Kali ini, ruang dapur pacu pada Xiaomi Redmi Note 3 dipersenjatai dengan chipset terbaru MediaTek, yaitu MT6795 Helio X10 yang ditenagai oleh CPU Octa-core. Kombinasi dua komponen hardware tersebut dipastikan akan mampu memberikan kinerja yang maksimal dan juga responsif dalam memproses segala instruksi. Apalagi, untuk Xiaomi Redmi Note 3 pun juga didukung dengan kehadiran dua pilihan RAM berkapasitas 2 GB dan 3 GB. Lewat dua pilihan RAM yang beragam pastinya akan membuat sobat Beagwei leluasa dalam memilih RAM sesuai kebutuhan. Sebenarnya baik RAM 2 GB atau 3 GB sama-sama menjanjikan kinerja multitasking yang handal. Lalu untuk meningkatkan kemampuan olah grafisnya, Xiaomi Redmi Note 3 pun juga dibekali dengan kartu pengolah grafis atau GPU Power VR G6200, di mana kehadirannya mampu memberikan display grafis yang baik dan realistik meski GPU tersebut merupakan sistem pengolah grafis kelas standar. Terakhir menutup bahasan bagian komponen penunjang performanya, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 juga telah berjalan di platform terbaru Android lewat OS v5.1 (Lollipop) yang siap memberikan segudang fitur menarik dan pembaruan aplikasi yang beragam untuk sobat Caramrz semua.
Advertisement

Kapasitas Memori Internal Tersedia dalam Dua Pilihan
Hadir sebagai smartphone kelas pemula, namun siapa sangka bahwa spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 ini diracik sedemikian rupa layaknya ponsel pintar kelas atas. Selain didukung oleh spesifikasi handal pada bagian dapur pacunya, smartphone paling gres dari Xiaomi ini juga memiliki ruang penyimpanan file atau memori yang cukup luas. Kerennya lagi, Xiaomi Redmi Note 3 ini tersedia dalam dua pilihan memori internal yang hadir satu paket dengan pilihan kapasitas RAM-nya. Kapasitas memori memang menjadi salah satu hal yang sangat penting karena akan berpengaruh pada performa sebuah smartphone secara keseluruhan. Pada spesifikasi di bagian penyimpanan, daya tampung Xiaomi Redmi Note 3 akan terbagi menjadi dua, di mana Xiaomi menawarkan dua opsi untuk sobat Caramrz semua, yakni lewat Redmi Note 3 dengan RAM 2 GB yang memiliki memori ROM 16 GB. Lalu untuk Redmi Note 3 versi kedua hadir dengan paket RAM 3 GB yang memiliki memori ROM 32 GB. Dengan memori internal untuk varian standarnya yang mencapai 16 GB dan 32 GB, sebenarnya kapasitas tersebut sudah cukup luas untuk mengcover semua file sistem maupun file pribadi pada smartphone Xiaomi Redmi Note 3 ini. Apabila masih belum cukup, kawan Caramrz juga akan disuguhi dengan fasilitas slot memori eksternal berupa microSD dengan kapasitas hingga 128 GB. Keberadaan slot external memory pada smartphone Xiaomi Redmi Note 3 ini tentu saja akan semakin memudahkan kawan Caramrz dalam menyimpan semua file dalam satu perangkat saja. Mengingat saat ini kebanyak produk bersegmen kelas atas bahkan premium jarang menyematkan slot memori eksternal, pastinya keberadaan slot microSD eksternal pada spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 merupakan suatu kelebihan tersendiri.
Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera 13 MP dan 5 MP
Lepas dari spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 pada ruang permesinan serta kapasits penyimpanan, sekarang kita akan bergerak ke sektor fotografinya. Sama seperti dengan produk smartphone low-end lainnya, Redmi Note 3 juga dibekali dengan kamera ganda yang masing-masing dilengkapi fitur fotografi kelas atas. Untuk kamera utama, Xiaomi Redmi Note 3 mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang akan mampu memberikan hasil jepretan foto yang sangat bagus dengan resolusi 4128 x 3096 pixels. Kamera utama tersebut telah dilengkapi dengan fitur Autofocus, Phase Detection, dan juga dual-LED Flash yang akan memberikan titik fokus dan juga pencahayaan lebih optimal. Bicara soal kualitas bidikannya, ternyata kamera utama Xiaomi Redmi Note 3 tersebut mampu menghasilkan jepretan foto yang cukup jernih dan terang untuk ukuran foto smartphone kelas pemula. Selain itu, kamera yang terletak pada sisi belakang itu juga dapat digunakan sebagai media perekam video dengan kualitas rekaman mencapai 1080@30fps. Fitur-fitur pendukung seperti Geo-tagging, Touch Focus, HDR dan juga Panorama juga tak lupa disematkan pada kamera utama Xiaomi Redmi Note 3 ini. Keberadaan fitur-fitur fotografi modern tersebut berguna untuk membantu sobat semua dalam mengolah foto menjadi lebih baik. Sementara untuk kamera sekunder atau kamera depan, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 telah dibekali dengan piranti kamera berukuran 5 MP yang pastinya akan menjanjikan hasil yang juga cukup bagus dan fungsional sebagai media penunjang video call atau foto selfie sobat Caramrz semua.

Konektivitas Jaringan 4G LTE Hadirkan Akses Internet Lebih Cepat dan Stabil
Sebagai smartphone Android modern yang diperuntukkan bagi pengguna gadget aktif, pastinya juga spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 harus dilengkapi dengan fitur konektivitas mumpuni. Apalagi akhir-akhir ini semakin marak gadget-gadget terbaru yang mengusung teknologi jaringan tercanggih 4G LTE, sehingga membuat Xiaomi juga tak mau tertinggal. Dari berbagai macam spesifikasi unggulan di atas, teknologi canggih berikutnya yang hadir melengkapi kualitas Xiaomi Redmi Note 3 adalah bagian konektivitasnya yang sudah mengusung teknlogi dual SIM GSM. Lalu, kehadiran koneksi 4G LTE yang menjadi koneksi paling cepat saat ini pastinya juga sudah bisa sobat Caramrz nikmati pada perangkat Xiaomi Redmi Note 3 ini. Lewat teknologi 4G LTE, kawan Caramrz bisa melakukan download dengan kecepatan 150 Mbps. Sementara itu, untuk keperluan upload speednya mencapai 50 Mbps. Selain hanya mengandalkan jaringan 4G LTE, Xiaomi Redmi Note 3 juga bisa berjalan di jaringan 2G Edge dan 3G HSDPA. Ada pula fitur koneksi non seluler seperti jaringan Wi-Fi Direct dan Wi-Fi hotspot untuk akses internet gratis yang telah terpasang pada gadget ini. Kemudian, bagi kawan Caramrz yang menginginkan transfer data lebih cepat, Xiaomi Redmi Note 3 juga menyediakan fitur koneksi nirkabel untuk keperluan transfer data. Pada smartphone ini sudah terdapat fitur Bluetooth versi 4.1 yang bisa mentransfer data secara lebih cepat tanpa menguras daya. Kemudian ada pula slot micro USB v2.0 yang sudah mendukung fitur On-The-Go sebagai pelengkap koneksi lewat kabel data. Keunggulan Xiaomi Redmi Note 3 pada lini konektivitas ini juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS, GLONASS dan juga BDS. So, buat kawan Caramrz memiliki hobi travelling, tentunya kelengkapan sistem navigasi pada spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 akan sangat membantu dalam menjelajah tempat baru.
Kapasitas Baterai Super Besar 4.000 mAh untuk Pasokan Daya Maksimal
Selanjutnya, pembahasan spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 pada bagian yang terakhir ini adalah sektor suplai dayanya. Kebutuhan daya yang maksimal pastinya diperlukan agar kinerja sebuah smartphone tetap optimal. Menyadari hal ini, Xiaomi pun membekali produk smartphone terbarunya ini dengan baterai berkapasitas cukup besar. Bila melihat spesifikasi yang dibawanya, Xiaomi Redmi Note 3 ini memang termasuk sebagai perangkat pintar yang memerlukan pasokan daya cukup besar karena dibekali dengan komponen-komponen berkualitas. Meski statusnya hanya merupakan smartphone kelas pemula, namun produk baru Xiaomi ini tetap mengandalkan spesifikasi layaknya smartphone kelas atas. Guna memberikan jaminan kinerja maksimal sepanjang hari kepada penggunanya, Xiaomi Redmi Note 3 pun dibekali dengan baterai berkapasitas sangat besar, yaitu 4000 mAh. Dengan bekal baterai berkapasitas ekstra besar tersebut, smartphone ini mampu bertahan hingga 264 jam saat stand-by di jaringan 3G. Sementara untuk penggunaan normal, pastinya Xiaomi Redmi Note 3 akan mampu bertahan selama seharian penuh mengingat kapasitas baterainya sangat besar. Dengan baterai yang berkapasitas besar ini, sobat Caramrz tak perlu ragu lagi akan mengalami kehabisan daya di tengah-tengah penggunaan. Selain memiliki kapasitas yang sangat besar, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 ini juga mengandalkan baterai jenis baru yang lebih tahan lama, yakni baterai jenis Lithium-Polymer.
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3
Hampir sama dengan smartphone buatan Xiaomi lainnya, seri Xiaomi Redmi Note 3 ini tetap mengandalkan kualitas layar serta spesifikasi mesin yang mumpuni sebagai andalan utamanya. Smartphone generasi baru penerus Redmi Note 2 ini hadir dengan layar IPS LCD berukuran 5,5 inci yang memiliki resolusi Full HD. Selain mampu menampilkan kualitas visual yang oke punya, ponsel pintar yang satu ini juga memiliki kinerja maksimal karena didukung oleh spesifikasi hardware kelas satu di bagian ruang mesinnya. Salah satunya adalah perangkat chipset Helio X10 yang ditenagai oleh CPU Octa-core. Secara umum, spesifikasi smartphone ini memang tak bisa diremehkan. Meski begitu, tetap ada beberapa catatan minor pada spesifikasinya. Apa sajakah itu? Kami telah merangkum kelebihan Xiaomi Redmi Note 3 dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 3 pada tabel di bawah ini.
Kelebihan Xiaomi Redmi Note 3
§  Layar IPS LCD 5,5 inchi dengan resolusi cukup bagus
§  Desain premium
§  Fingerprint sensors
§  Android Lollipop
§  Dual SIM GSM
§  Chipset Helio X10
§  Prosesor Octa-core
§  RAM tersedia dalam dua pilihan 2 GB dan 3 GB
§  Memori internal tersedia 16 GB dan 32 GB
§  Terdapat slot memori eksternal
§  Dual kamera 13 MP dan 5 MP
§  Didukung jaringan 4G LTE
§  Baterai Li-Po 4.000 mAh
§  Ada fitur fast battery charging
§  Harga terjangkau
Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3
§  Belum ada proteksi layar bawaan
§  GPU hanya dari PowerVR G6200



Tidak ada komentar:

Posting Komentar