Jumat, 10 Juni 2016

SPESIFIKASI XIAOMI MI4i


Selama ini, produk-produk asal Tiongkok memang selalu dipandang sebelah mata. Namun, tak selamanya anggapan itu benar. Adalah perusahaan teknologi Xiaomi yang berhasil menumbangkan anggapan bahwa produk “Made in China” itu jelek. Setelah salah satu produknya, yakni Xiaomi Redmi 2, membuat rekor penjualan 40 ribu unit dalam 1 jam, kini vendor yang terhitung baru tersebut kembali mengenalkan Xiaomi Mi 4i di deretan ponsel pintar andalannya. Dihadirkan dengan menyasar pengguna gadget kelas menengah, produk terbaru ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas. Kehadiran Xiaomi Mi 4i ini juga merupakan upaya vendor asal Tiongkok tersebut untuk semakin menancapkan “cakarnya” di kancah teknologi informasi dunia. Seperti halnya dengan Redmi 2, Xiaomi Mi 4i kali ini juga hadir dengan ciri khas Xiaomi, yaitu gadget murah namun tidak murahan.

Benar sekali, meski Xiaomi Mi 4i hanya diplot di pasaran gadget kelas menengah ke bawah, namun smartphone Android ini tetap dibekali dengan komponen berkualitas dan fitur canggih. Kualitas Xiaomi Mi 4i ini bisa dilihat dari penggunaan prosesor quad-core 1.7 GHz dan 1.0 GHz yang didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB. Selain komposisi mesin yang cukup bertenaga tersebut, ponsel pintar terbaru racikan Xiaomi ini juga dibekali dengan layar 5 inci IPS LCD Capacitive Touchscreen yang akan memberikan visualisasi berkualitas kepada pemakainya. Tak hanya itu saja, Xiaomi Mi 4i juga dipersenjatai dengan GPU Andreno 405 yang akan membuat smartphone ini mampu memainkan game-game HD terbaru. Nah, buat kawan Caramrz yang penasaran dengan spesifikasi dan harga Xiaomi Mi 4i terbaru ini, Caramrz sudah siapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi 4i

Desain Minimalis dengan Bentangan Layar 5 Inci

Kita awali pembahasan spesifikasi Xiaomi Mi 4i dari tampilan luarnya. Sudah menjadi ciri khas bahwa produk-produk Xiaomi memang terkenal khas dengan bodinya yang bongsor. Begitu juga dengan Xiaomi Mi 4i ini. Smartphone terbaru racikan Xiaomi ini memiliki ukuran 138.1 mm x 69.6 mm x 7.8 mm dengan bobot mencapai 130 gram. Dengan dimensi tubuh seperti itu, Xiaomi Mi 4i terasa pas di genggaman dan tidak terlalu berat meski bentuknya bongsor. Untuk membungkus layar Xiaomi Mi 4i, vendor asal Tiongkok tersebut menyematkan layar berjenis IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan bentangan sebesar 5 inci. Layar pada smartphone ini memeiliki resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan 441 pixel density serta kekayaan warna mencapai 16 M. Kombinasi ukuran serta teknologi kerapatan pada Xiaomi Mi 4i ini akan menghasilkan visualisasi yang tajam dan enak dipandang. Untuk mempermudah operasionalnya, Xiaomi juga menanmkan user interface MIUI-UI racikan Xiaomi sendiri. Namun sayang sekali, seperti halnya ponsel pintar kelas menengah lainnya, spesifikasi Xiaomi Mi 4i ini tak dilengkapi dengan protektor layar yang bagus. Jadi, penggunanya harus memasang screen guard tambahan secara manual.

Dapur Pacu Bertenaga dengan Prosessor 8 Inti

Untuk soal mesin, spesifikasi Xiaomi Mi 4i ini menjanjikan performa mesin yang cukup handal. Walau hanya gadget kelas menengah, namun smartphone terbaru andalan Xiaomi ini tetap dibekali dengan komponen mesin yang berkelas. Sebagai prosesornya, Xiaomi Mi 4i menggunakan mesin berinti delapan atau biasa dikenal dengan teknologi octa-core. CPU ini dibentuk oleh prosesor quad-core 1.7 GHz dan juga prosesor quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Kombinasi perangkat yang menggawangi sektor CPU ini semakin sempurna dengan kehadiran RAM 2 GB. Untuk mendukung kualitas grafisnya, Xiaomi Mi 4i juga dibekali dengan GPU Andreno 405. Jadi, kawan Caramrz tak perlu ragu lagi untuk mengajak smartphone ini memainkan game-game HD terbaru. Selain komponen-komponen tangguh tadi, spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor dapur juga diperkuat oleh sistem operasi terbaru, yaitu OS Android Lollipop 5.0.2.

Kapasitas Storage Ekstra Longgar dengan Internal Memory 16 GB

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Xiaomi Mi 4i di ruang penyimpanan datanya. Tak seperti kebanyakan smartphone lain yang memiliki dual memory, ponsel pintar racikan Xiaomi ini hanya dibekali dengan single memory. Itu artinya, Xiaomi Mi 4i ini hanya memiliki internal memory saja dan tak memiliki slot microSD atau external memory. Meski hanya memiliki single memory, namun kapasitas storage pada Xiaomi Mi 4i ini sangat longgar. Internal memory ponsel pintar ini adalah sebesar 16 GB. Jadi, walau spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor ruang penyimpanan data tak memiliki slot microSD, kawan Caramrz tetap bisa mewadahi semua file-file penting karena kapasitas internal memory gadget terbaru racikan Xiaomi ini cukup besar.

Lini Fotografi Berbekal Kamera 13 MP dan 5 MP

Berlanjut ke spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor fotogrfafi, kita akan bertemu dengan gadget kelas menengah namun memiliki lini fotografi layaknya smartphone kelas premium. Yak! Meski levelnya hanya kelas menengah, namun Xiaomi Mi 4i ini dibekali dengan sepasang kamera yang cukup bagus. Untuk kamera utamanya, Xiaomi membekali smartphone terbarunya ini dengan kamera 13 MP yang dilengkapi dengan teknologi LED Flash. Jadi, selain bias menghasilkan jepretan foto beresolusi 4128 x 3096 pixels, kamera utama pada Xiaomi Mi 4i tersebut juga jago untuk mengambil foto di tempat-tempat minim cahaya. Selain bisa menghasilkan foto yang berkualitas, kamera yang terletak di sisi belakang tersebut juga mampu menghasilkan video beresolusi 1080p pada 30fps. Untuk melengkapi kebutuhan fotografi masa kini, spesifikasi Xiaomi Mi 4i pada lini fotografi juga dilengkapi dengan kamera sekunder berukuran 5 MP.

Smartphone Kelas Menengah Tapi Sudah 4G

Konektivitas menjadi hal yang begitu penting bagi sebuah smartphone. Hal ini juga sangat disadari Xiaomi. Walau hanya ditempatkan pada level gadget kelas menengah, namun spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor konektivitas kali ini terhitung cukup lengkap. Sebagai koneksi andalan, smartphone ini dibekali dengan jaringan utama 4G LTE. Penggunaan jaringan 4G pada Xiaomi Mi 4i ini juga menunjukkan komitmen Xiaomi yang memang berfokus untuk menyediakan gadget 4G berharga murah. Selain jaringan super cepat 4G, Xiaomi Mi 4i juga dilengkapi dengan teknologi jaringan yang lain. Mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA. Selain lini koneksi data seluler yang lengkap, spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor konektivitas juga sudah dibekali dengan fitur-fitur pendukung lainnya, seperti; Bluetooth A2DP, slot microSD, WiFi, portable hotspot, hingga fitur navigasi A-GPS with GLONASS.

Kapasitas Baterai Layaknya Gadget Premium

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor pemasok daya. Pada sektor ini, ternyata Xiaomi juga membekali produk terbarunya ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Layaknya smartphone kelas atas, Xiaomi Mi 4i memiliki baterai berkapasitas 3210 mAh. Kapasitas baterai sebesar itu akan membuat Xiaomi Mi 4i mampu bertahan hidup selama sehari semalam dengan penggunaan normal. Namun sayangnya, meski memiliki kapasitas yang lumayan besar, spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor pemasok daya kali ini belum menggunakan teknologi modern. Tercatat, smartphone terbaru Xiaomi ini masih menggunakan baterai jenis Lithium-Ion, bukan baterai Lithium-Polymer yang memiliki kualitas lebih baik.

Xiaomi Mi 4i
Jaringan
Teknologi
GSM / HSPA / LTE
Pengumuman
Pengumuman
2015, April
Status
Coming soon. Exp. release 2015, April 30
Bodi
Dimensi
138.1 x 69.6 x 7.8 mm (5.44 x 2.74 x 0.31 in)
Berat
130 g (4.59 oz)
SIM
Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran
5.0 inches (~71.7% screen-to-body ratio)
Resolusi
1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
Multitouch
Yes
– MIUI 6.0
Dapur Pacu
OS
Android OS, v5.0.2 (Lollipop)
Chipset
Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
CPU
Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
GPU
Adreno 405
Memori
Card slot
No
Internal
16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang
13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Fitur
Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR
Video
1080p@30fps
Kamera Depan
5 MP
Suara
Alert types
Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker
Yes
3.5 mm jack
Yes
Konektivitas
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth
v4.1, A2DP
GPS
Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio
FM radio
USB
microUSB v2.0, USB Host
Fitur
Sensor
Accelerometer, proximity, compass
Pesan
SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser
HTML5
Baterai
Li-Ion 3120 mAh battery


Tidak ada komentar:

Posting Komentar