Senin, 06 Juni 2016

SPESIFIKASI XIAOMI MI3


Baru-baru ini Xiaomi diberitakan telah mengunggah sebuah teaser seri smartphone terbarunya yaitu, Xiaomi Redmi 3 melalui akun Weibo milik perusahaan. Melalui akun resminya, pihak Xiaomi mengumumkan bahwa mereka hendak merilis smartphone entry level pada tanggal 12 Januari 2016, tepatnya hari ini di waktu setempat. Memang benar, kali ini Xiaomi memilih merilis produk terbarunya guna menempati segmentasi ponsel pintar kelas menengah ke bawah atau pemula. Kehadiran Xiaomi Redmi 3 memang disambut baik oleh penggila gadget dunia karena meski statusnya merupakan ponsel pintar pemula, namun Xiaomi mengklaim bahwa produk barunya ini bakal dibekali dengan spesifikasi teknis terbaik di kelanya. Tak mengherankan memang, setelah mulai beredar teasernya, Xiaomi Redmi 3 menjadi salah satu produk yang ditunggu-tunggu oleh konsumen. Pasalnya sudah sejak tahun 2015 lalu, Xiaomi memperkenalkan produk terbarunya ini dengan iming-iming konsep casing berbahan full metal unibody. Selain itu, dari bocoran-bocoran yang muncul, Xiaomi Redmi 3 juga akan mengusung segudang spesifikasi modern yang sanggup memberikan kinerja terbaik dari segi visual maupun pengolah data. So, produk terbaru besutan vendor asal Tiongkok ini memang pantas menjadi salah satu perangkat pintar paling ditunggu di awal tahun 2016 ini.


Setelah cukup lama mengundang penasaran, kemudian memunculkan teka-teki berkat teaser yang semakin beredar, akhirnya smartphone pemula Xiaomi Redmi 3 resmi dirilis. Seperti kita ketahui bahwa Xiaomi seri Redmi memang menjadi andalan di pasaran. Kepopulerannya sebagai perangkat cerdas murah dengan spesifikasi unggul cukup membuat seri Xiaomi Redmi bertahan cukup stabil, termasuk di pasaran Tanah Air. Untuk itu, Xiaomi Redmi 3 pun juga dihadirkan untuk mengikuti jejak generasi sebelum-sebelumnya. Beberapa waktu lalu, tepatnya di penghujung akhir tahun 2015, Xiaomi juga telah meluncurkan produk yang menempati pangsa pasar pemula, yaitu Xiaomi Redmi Note Prime. Sukses dengan peluncuran seri sbelumnya itu, Xiaomi kembali menghadirkan spesifikasi yang sebenarnya tak jauh berbeda pada Xiaomi Redmi 3 ini. Hanya saja kali ini Xiaomi membekalkan spesifikasi yang sedikit berbeda pada sektor-sektor yang memang menjadi andalan seri Redmi. Untuk Redmi 3, Xiaomi mengusung casing full metal unibody. Selain itu, Xiaomi Redmi 3 ini berbekal layar berukuran lebih kecil dari generasi sebelumnya, yaitu IPS LCD 5.0 inci bersolusi HD. Kemudian, meskipun menyasar pangsa pasar kelas menengah bawah, ponsel pintar Xiaomi seri Redmi 3 ini juga telah dibekali dengan prosesor Octa-core 1.5 GHz yang bekerja pada chipset Snapdragon 616. Dengan begitu, kombinasi tersebut sanggup menyuguhkan aktivitas pengolah data yang stabil dan tangguh. Lalu untuk sektor fotografi, Xiaomi Redmi 3 juga menawarkan kualitas terbaik dari kamera 13 MP dan 5 MP. Keunggulan yang ditawarkan Xiaomi pun tak hanya berhenti sampai disitu saja. Penasaran? Simak ulasan lengkap dan mendalam mengenai spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi 3 pada segmen-segmen berikut ini!

Review Xiaomi Redmi 3

Desain Unik dengan Material Metal Unibody

Seperti biasa, pada segmen pembuka ini Begawei akan mengajak kamu untuk menyaksikan lebih detail pada penampilan fisik dari spesifikasi Xiaomi Redmi 3 ini. Bila melihat dari segi fisiknya, smartphone Xiaomi seri Redmi 3 ini hadir dengan konsep desain yang khas Redmi Series. Namun pada rangka bodinya, ponsel pintar generasi Redmi 3 ini menggunakan material yang lebih kokoh berupa balutan metal unibody yang telah dilengkapi dengan corak unik di bagian belakang casing. Selain untuk menambah nilai estetika, corak di bagian belakang Xiaomi Redmi 3 tersebut juga memiliki fungsi agar tetap nyaman saat dioperasikan dalam genggaman. Membawakan bodi proporsional, Redmi 3 hadir dengan ukuran dimensi 139.3 x 69.4 x 8.5 mm, dimana kenyamanan juga akan diberikan oleh bobotnya yang hanya mencapai 144 gram. Berbicara urusan visual display, Xiaomi Redmi 3 mengusung jenis layar IPS LCD yang membentang seluas 5.0 inci. Layar tersebut sanggup menyajikan tampilan dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels 294 ppi. Memang, untuk resolusi masih belum Full HD, namun berkat adanya sistem antar muka dari MIUI 7.0, maka tampilan visual pada Xiaomi Redmi 3 akan menjadi lebih atraktif dan jernih, serta nyaman di mata. Sementara itu, untuk proteksi layar anti gores hingga saat ini masih menunggu proses konfirmasi. Namun harapannya, spesifikasi Xiaomi Redmi 3 akan dibekali dengan pelapis layar anti gores dengan kualitas bagus agar layar ponsel selalu terlindungi secara maksimal maksimal.

Kinerja Tangguh dengan Dukungan Chipset Snapdragon 616 Bertenaga Prosesor Octa-core 1.5

Tergoda dengan penampilan yang ditunjukkan oleh sektor visual, kini kawan Begawei akan semakin jatuh cinta apabila telah mengetahui bagian pengolah data yang dibawa oleh spesifikasi Xiaomi Redmi 3 ini. Ponsel pintar terbaru dari vendor asal Tiongkok ini hadir dengan komponen-komponen terbaik yang dibekalkan pada ruang pengolahan data. Untuk menghadirkan performa maksimal, Xiaomi mengandalkan kombinasi kerja dari chipset Snapdragon 616 bertenaga prosesor Octa-core 1.5 GHz yang disematkan pada ruang dapur pacu Xiaomi Redmi 3 ini. Kolaborasi tangguh tersebut dilengkapi dengan kapasitas RAM 2 GB, sehingga untuk kinerja multitasking juga akan berjalan secara lancar. Kombinasi komponen-komponen tersebut dinilai lebih dari cukup sebagai standar pengolahan data pada ponsel pintar kelas menengah. Selai itu, Xiaomi Redmi 3 juga mengandalkan GPU Adreno 405 sebagai kartu pengolah grafis yang dipercaya untuk pengolahan grafis dengan hasil visualisasi yang bagus pada saat menjalankan game atau pemutaran video. Di balik seluruh komponen hardware pada mesin Xiaomi Redmi 3 yang telah tersusun rapi tersebut, sistem operasi Android Lollipop juga turut serta menyediakan platform pengolahan data yang memiliki fitur-fitur menarik serta lebih ringan dijalankan. So, seluruh bagian pada spesifikasi Xiaomi Redmi 3 di sektor ruang dapur pacu akan mampu menjalankan fungsinya masing-masing secara maksimal dan lebih selaras.
Memory On-board Berkapasitas 16 GB Pastikan Daya Tampung Memadai
Membawakan desain atraktif dan dapur pacu handal, tentu saja membuat spesifikasi Xiaomi Redmi 3 membuatnya menjadi salah satu produk yang dinanti-nantikan oleh kawan Begawei. Selain kedua sektor tersebut, Xiaomi juga membekali ruang penyimpanan file yang maksimal pada ponsel pintar yang satu ini. Agar dapat menampung seluruh kebutuhan file sehingga kinerja ponsel akan didukung secara maksimal, Xiaomi Redmi 3 dibekali dengan memory on-board atau memori internal dengan kapasitas sebesar 16 GB. Kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk menampung file-file sistem dan file pribadi seperti file hiburan atau aplikasi lainnya. Untuk sebuah handset kelas menengah, spesifikasi teknis Xiaomi Redmi 3 pada sektor ini telah cukup memadai dan sangat leluasa. Apabila kawan Begawei menghendaki ruang penyimpanan yang lebih luas lagi, Xiaomi pun juga masih menyediakan ruang tambahan berupa memori eksternal dengan ekspansi kapasitas maksimal sebesar 128 GB. Hanya saja untuk penggunaan microSD pada Xiaomi Redmi 3 masih opsional pada slot SIM 2, sehingga kawan Begawei diharuskan memilih salah satu yang lebih dibutuhkan dari slot tersebut. So, dengan ruang penyimpanan pada spesifikasi Xiaomi Redmi 3 yang cukup luas itu, tentu kawan Begawei tak perlu lagi khawatir akan cepat kehabisan ruang penyimpanan.

Kekuatan Fotografi Didukung Kamera Utama 13 MP Lengkap dengan Fitur Modern

Menjadi sebuah produk smartphone yang hadir di era modern, tentu saja spesifikasi Xiaomi Redmi 3 juga tidak meninggalkan fitur-fitur fotografi modern. Salah satu yang menjadi kebutuhan bagi pengguna di era ini adalah media dokumentasi. Pasalnya, saat ini tidak jarang pengguna yang mengandalkan aktivitas fotografi dengan menggunakan kamera pada ponsel pintarnya. Untuk memenuhi hal tersebut, Xiaomi Redmi 3 dibekali dengan dua buah kamera, yaitu kamera utama dan kamera sekunder. Untuk senjata andalannya, Xiaomi menyematkan teknologi kamera berukuran 13 MP yang lengkap bersama fitur aperture f2/2, phase-detection autofocus dan juga LED flash. Dengan kamera tersebut, kawan Begawei juga bisa melakukan perekaman video dengan kualitas Full HD 1080p. Fitur modern lain juga disematkan pada kamera utama Xiaomi Redmi 3, seperti misalnya fitur geo-tagging, touch focus, face/smile detection, serta HDR. Selain kamera utama yang canggih dan modern, Xiaomi juga membekali ponsel pintar terbarunya ini dengan kamera sekunder berukuran 5 MP. Kamera sekunder yang ada pada spesifikasi Xiaomi Redmi 3 ini sudah cukup sanggup menyajikan hasil yang maksimal untuk berselfie dan melakukan panggilan video call.

Jaringan Data 4G LTE Pastikan Akses Data Kencang dan Stabil

Selain sektor forografi, yang tak kalah menjadi kebutuhan di era modern adalah kebutuhan akses internet. Seperti kita ketahui, bahwa di jaman sekarang ini segala aktivitas tidak bisa terlepas dari kebutuhan internet. Guna memenuhi segala kebutuhan akses data penggunanya, spesifikasi Xiaomi Redmi 3 pun sudah dibekali dengan kelengkapan teknologi konektivitas terbaik. Ponsel pintar yang satu ini merupakan smartphone dual SIM. Namun, kawan Begawei harus memprioritaskan penggunaan dua slot yang ada. Apakah untuk tempat SIM 2 atau memori eksternal microSD. Kemudian untuk kebutuhan akses internet, Xiaomi Redmi 3 ini sudah support jaringan terbaik 4G LTE. Kehadiran koneksi 4G LTE, yang menjadi koneksi paling cepat saat ini, sudah bisa kamu nikmati pada smartphone ini. Mengandalkan teknologi LTE, kawan Begawei bisa melakukan download dengan kecepatan 150 Mbps. Sementara itu, untuk keperluan upload speddnya mencapai 50 Mbps. Pada jaringan 3G, Xiaomi Redmi 3 berjalan dengan kecepatan HSDPA. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan jaringan Wi-Fi Direct dan Wi-Fi hotspot yang telah terpasang pada gadget ini. Kemudian, bagi kawan Begawei yang menginginkan transfer data tanpa lemot, Xiaomi Redmi 3 juga menyediakan fitur koneksi nirkabel untuk keperluan transfer data. Pada smartphone ini terdapat fitur Bluetooth versi 4.0 yang bisa mentransfer data secara lebih cepat tanpa menguras daya. Kemudian, kawan Begawei juga bisa memanfaatkan microUSB v2.0 yang juga mampu melakukan transfer data lebih cepat. Spesifikasi Xiaomi Redmi 3 pada lini konektivitas ini juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS yang sudah dilengkapi dengan teknologi GLONASS dan juga BDS.

Suplai Daya Andalkan Baterai Berkapasitas 4.100 mAh

Untuk pembahasan spesifikasi Xiaomi Redmi 3 di sektor yang terakhir, kita akan menilik kapasitas ruang suplai daya yang ada pada smartphone terbaru dari Xiaomi ini. Jika melihat spesifikasi teknis smartphone Xiaomi seri Redmi 3 pada masing-masing sektornya, kita bisa menyimpulkan bahwa smartphone terbaru dari perusahaan asal Tiongkok ini memang memiliki konsumsi daya yang cukup besar. Hal ini tak lepas dari penggunaan komponen berkualitas tinggi pada Xiaomi Redmi 3 ini. Nah untuk mendukung kebutuhan dayanya, Xiaomi pun menyematkan baterai berkapasitas cukup besar pada produk barunya ini. Kapasitas baterai yang besar memang mutlak dibutuhkan untuk mendukung aktivitas operasional Xiaomi Redmi 3 ini. Guna menunjang aktivitas penggunanya, smartphone ini telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas sangat besar, yaitu 4.100 mAh. Dengan baterai berkapasitas sangat besar itu, smartphone ini akan mampu bertahan selama seharian penuh, asal dengan penggunaan normal. Meski jenis baterainya masih merupakan jenis baterai lama, yaitu Lithium-Ion, namun dengan bekal kapasitas yang besar tersebut, semua komponen yang menjadi bagian dari spesifikasi Xiaomi Redmi 3 ini bisa bekerja optimal berkat pasokan daya yang maksimal pula. Kapasitas baterai yang sangat besar juga menjadi salah satu keunggulan dari ponsel pintar terbaru lansiran Xiaomi ini.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 3

Hadir di antara serbuan gadget papan atas dari vendor lain, Xiaomi Redmi 3 tampil percaya diri dengan bekal spesifikasi teknis cukup baik. Andalan dari smartphone ini tentu saja pada sistem pengolahan data di mana chip Qualcomm 616 serta CPU Octa-core 1,5 GHz dan RAM 2 GB. Selain itu, lini fotografi pada smartphone ini juga memiliki kualitas cukup baik untuk smartphone menengah berupa duet kamera 13 MP dan 5 MP. Namun sayangnya, slot SIM 2 pada ponsel pintar ini masih harus berbagi dengan slot memori eksternal. Hal ini tentu menjadi catatan minus. Nah untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah tabel perbandingan kelebihan Xiaomi Redmi 3 dan kekurangan Xiaomi Redmi 3.
Kelebihan Xiaomi Redmi 3
§  Desain atraktif dan unik berbalut material metal
§  Layar 5.0 inci
§  Tampilan menarik dengan MIUI 7.0
§  Chipset Snapdragon 616
§  Processor Octa-core 1.5 GHz
§  GPU Adreno 405
§  RAM 2 GB
§  Memori internal 16 GB
§  Memori eksternal 128 GB
§  Kamera 13 MP dan 5 MP
§  Dual SIM card
§  Navigasi A-GPS, GLONNAS, BDS
§  Baterai 4.100 mAh
§  Harga Murah
Kekurangan Xiaomi Redmi 3
§  Resolusi layar masih HD
§  Proteksi layar masih belum diketahui
§  Memori eksternal masih menggunakan slot SIM 2
§  Baterai masih Li-Ion


Tidak ada komentar:

Posting Komentar